Nama Lain Siklon Tropis

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang masuk tentang siklon tropis khususnya tentang adanya nama lain dari siklon tropis seperti hurricane dan typhoon, maka dari hasil googling saya di situs-situs terkait, disini saya akan mencoba memaparkan maknanya :

  1. Siklon Tropis
    Mengapa disebut siklon tropis? anda dapat melihat penjelasannya dalam posting saya terdahulu berjudul "SIKLON TROPIS & EFEKNYA TERHADAP INDONESIA". Kemudian mengapa disebut Siklon. Siklon berasal dari bahasa Yunani yaitu kyklos yang artinya putaran atau roda. Pemakanaan ini berdasarkan bentuk atau citraan siklon yang menyerupai putaran atau roda.

  2. Hurricane
    Pemberian nama hurricane dilakukan untuk siklon tropis yang terjadi di daerah Atlantik dan Pasifik bagian timur. Hurricane berasal dari nama yang diberikan Tainos(Suku pribumi kuno di Amerika Tengah), dimana arti dari kata hurricane adalah "Dewa Kejahatan".

  3. Typhoon
    Typhoon adalah istilah yang digunakan untuk menyebut siklon tropis di daerah pasifik barat. (untuk typhoon saya belum menemukan akar katanya, tetapi kurang lebih yang pernah saya dengar kata typhoon berarti ular yang melingkar).

  4. Baguio
    Baguio adalah sebutan siklon tropis di daerah Filipina, dimana Baguio adalah sebuah nama kota dengan curah hujan dalam periode 24 jam pada bulan Juli 1911 mencapai 1168 mm.
Siklon tropis, hurricane, atau typhoon

Demikianlah beberapa istilah untuk tropical cyclone atau siklon tropis yang dapat saya himpun. Jika ada yang menambahkan, saya tunggu commentnya.


Sumber : Bayong Tjasyono, Meteorologi Indonesia vol.1 & sumber-sumber terkait lainnya.

PENULIS : Pande Putu Hadi Wiguna
Mahasiswa tingkat II Akademi Meteorologi & Geofisika (AMG) Jakarta.

Komentar